fbpx

Lebih Canggih dan Efisien! Kenali 5 Perbedaan Mesin Kasir Manual dan Otomatis dengan Aplikasi POS

mesin kasir

Table of Contents

Mesin kasir adalah salah satu peralatan penting dalam dunia bisnis modern. Fungsi utamanya adalah untuk menghitung dan merekam transaksi penjualan secara akurat dan efisien. Selain keberhasilan produk atau jasa yang ditawarkan, penggunaan mesin kasir dalam suatu bisnis dapat menentukan cara mengelola keuangan bisnis Anda secara efisien.

Hal ini menjadi pilihan untuk memudahkan pengelolaan keuangan dan telah mengalami perkembangan seiring berjalannya waktu. Dalam penggunaannya, kamu mungkin telah mengetahui dua jenis mesin kasir yang umum digunakan, yaitu manual dan otomatis dengan terintegrasi aplikasi POS. Lalu, apa perbedaan antara keduanya?

Mesin kasir manual atau cash register merupakan alat elektronik untuk menghitung dan mencatat transaksi penjualan yang biasanya terdapat laci (cash drawer) untuk menyimpan sejumlah mata uang. Adapun pencatatan transaksi penjualan secara manual yang  bekerja dengan bantuan tenaga manusia dan alat bantu lainnya seperti kertas dan kalkulator. Saat penggunaannya, karyawan menulis harga dan jumlah barang yang dibeli oleh pelanggan, kemudian menghitung total harga yang harus dibayar.

Sementara, mesin kasir otomatis dengan aplikasi POS lebih canggih dan efisien untuk digunakan serta didukung oleh perangkat keras seperti monitor sentuh, scanner barcode, struk printer, dan aplikasi POS. Dalam penggunaannya, jenis mesin ini lebih praktis karena dapat menghitung total harga, mengurangi stok barang, serta merekam transaksi secara otomatis. Selain itu, aplikasi POS juga mendukung pembayaran secara elektronik seperti dompet digital yang memudahkan pelanggan.

Setelah mengetahui perbedaan secara umum antara kedua jenis mesin kasir tersebut, mari simak perbedaan lainnya secara mendalam dari berbagai aspek!

1. Fitur

Mesin kasir manual biasanya hanya memiliki fitur dasar seperti penjumlahan dan pengurangan uang, sedangkan mesin kasir otomatis dengan aplikasi POS memiliki berbagai fitur tambahan seperti pencatatan stok barang, laporan penjualan, dan integrasi dengan sistem manajemen bisnis lainnya. Dengan fitur yang lebih lengkap, mesin yang terhubung dengan aplikasi POS dapat membantu pengusaha untuk mengelola bisnis secara lebih efektif dan efisien dibandingkan manual.

2. Keamanan

Mesin kasir manual cenderung lebih mudah diretas oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, karena sistem keamanan yang kurang. Sementara itu, mesin kasir otomatis dengan aplikasi POS telah dilengkapi dengan berbagai sistem keamanan seperti verifikasi kode PIN, pengaturan hak akses, dan pencatatan aktivitas pengguna. Dengan keamanan yang lebih baik, kamu sebagai pengusaha dapat merasa lebih aman dalam mengelola keuangan bisnis. Dengan keamanan tersebut, aplikasi POS memiliki kontrol akses dan hak pengguna untuk mencegah penggunaan yang tidak sah.

3. Biaya

Mesin kasir manual umumnya lebih murah dibandingkan mesin kasir otomatis dengan aplikasi POS, karena tidak dilengkapi dengan fitur yang lebih canggih. dan tidak dikenai biaya langganan. Namun, jika melihat dari segi efisiensi dan manfaat yang diperoleh, mesin yang terhubung dengan aplikasi POS merupakan solusi yang tepat untuk dipilih para pengusaha.

4. Efisiensi

Mesin kasir manual membutuhkan banyak waktu dan tenaga untuk menghitung uang tunai secara manual dan mencatatnya secara akurat. Selain itu, memerlukan kalkulator atau alat bantu lainnya untuk melakukan perhitungan. Berbeda dengan jenis mesin lainnya yang otomatis dengan aplikasi POS yang memungkinkan pengguna untuk menghitung transaksi dengan cepat dan akurat. Fitur lainnya seperti melacak stok barang, memproses transaksi dari bank maupun dompet digital, dan laporan keuangan juga memberi kemudahan pengusaha dalam menjalankan bisnis.

5. Kemudahan Akses

Kasir manual biasanya terbatas pada satu tempat atau lokasi. Pengguna harus membawa mesin kasir manual ke tempat di mana mereka ingin melakukan transaksi, sementara mesin yang otomatis terhubung dengan aplikasi POS memungkinkan pengguna untuk melakukan transaksi dan monitor penjualan di mana pun dan kapan pun. Aplikasi POS juga dapat diakses melalui perangkat mobile seperti ponsel pintar atau tablet secara fleksibel.

Itu dia 5 perbedaan kedua jenis mesin kasir yang memiliki kelebihan dan kekurangan. Jika ingin mengoptimalkan bisnis, kamu perlu mempertimbangkan penggunaan aplikasi POS untuk mengefisiensikan proses kerja.

Jangan biarkan bisnis Anda tertinggal dengan teknologi kuno! AKU MPOS adalah solusi aplikasi kasir online yang memberikan kemudahan dan kecepatan dalam mengelola bisnis, memantau stok, dan membuat laporan keuangan yang akurat. AKU MPOS dirancang dengan teknologi terkini yang dilengkapi dengan fitur-fitur yang memudahkan pengelolaan bisnis.

Segera berlangganan AKU MPOS dan rasakan perbedaan efisiensi yang akan membantu meningkatkan produktivitas dan keuntungan bisnis Anda. Dengan AKU MPOS, Anda tidak hanya akan menghemat waktu dan tenaga, tetapi juga meningkatkan kepuasan pelanggan Anda.

Jadi, tunggu apalagi? Hubungi kami melalui Whatsapp 08111 090 070 atau atau klik di sini untuk mendapatkan penawaran menarik dan mulailah membuka jalan menuju kesuksesan bisnis Anda!